REVOLUTION

REVOLUTION

Revolution

adalah nama dari generasi ke-17 Ruhul Islam Anak Bangsa, Banda Aceh yang juga merupakan anonim dari Republic of Seventeen Generation #Amazing17 IG : Revolution_tujuhbelas Twitter : @Gen_Seventeen Email : revolution_17@yahoo.com
Salam Generasi Perubahan!

Kontributor

Anda Pengunjung Ke

Jam

Popular Posts

Kamis, 17 Juli 2014
Di postingan kali ini aku mau share sedikit tentang keseharian di pesantren. mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. mungkin keseharian di pesantren memang bukan lagi misteri. udah banyak (banget malah) tulisan-tulisan yang mengupas seluk-beluk kehidupan pesantren. tapi gapapa, untuk yang ini aku bakal cerita-cerita sedikit tentang keseharian yang lebih ke 'kebiasaan' para santri di Ruhul Islam Anak Bangsa.


Tapi sori nih buat yang santriwan kalau banyak beda keseharian nya,

soalnya yang nulis ini kan seorang santriwati :D


Pagi

kebanyakan santriwati lebih milih bangun sebelum azan shubuh untuk mandi atau sekedar nyiapin seragam sekolah. biasanya yang hobi beraktivitas sebelum shubuh ini adalah santriwati yang masih junior buat ngehindar dari antrian mandi. kalau udah senior mah kebanyakan udah mulai malas. jam segitu masih molor diatas kasur.
yang paling cepat hadir ke masjid juga biasanya santri junior.emang sih masa-masa jadi junior itu masa yang paling ketat disiplin nya. tapi yang paling sering ketiduran di masjid juga biasanya santri junior. hihi, maklum masih tahun pertama. #PengalamanPribadiCeritanya :D
wah, buat aku pribadi, kalau udah liat orang-orang yang ketiduran di masjid itu rasanya jadi hiburan tersendiri. antara lucu sama kasihan juga sebenarnya, nyaksiin perjuangan mereka-mereka yang berusaha melawan kantuk *ciaaa* :D kepalanya ngangguk-ngangguk, ke kiri bentar-kanan lagi, muter dikit, ngangguk lagi, parahnya lagi kalau ada yang sampe' salto ke belakang. haha, seisi masjid pada ketawa.
di sekolah juga gitu. entah kenapa rasanya 'tidur di kelas' itu seolah jadi kewajiban santri. untung nya udah besar-besar, coba masih kecil, pada basah semua tuh meja di kelas sama iler. yang santri ngaku aja deh pasti pernah tidur di kelas. udah.. ngaku aja. bukan rahasia lagi kok ._.v

Siang

minimal tiga atau empat hari dalam seminggu biasanya santri punya kelas belajar siang bakda zuhur. belajarnya sama kaya' kelas pagi. tapi biasanya masuk kelas siang itu lebih membosankan. sumpek, bosan, panas, capek, ngantuk, semuanya dicampur satu wadah kalau bisa. kebanyakan santri kalau udah siang itu minta belajar nya di luar kelas. ke taman sekolah, di bawah pohon, lapangan, atau mungkin--kantin?
tapi kalau ngga ada kelas siang, kebanyakan milih ngabisin sepanjang siang di asrama. untuk sementara tidur siang dapat rating tertinggi, dilanjutin ngerumpi di kamar atau koridor asrama, trus nyuci kalau lagi ngga laundry-an. sebagian lagi bertekuk dengan buku, entah itu novel pinjaman kawan atau perpustakaan, atau buku pelajaran. banyak juga yang milih mandi sebelum ashar, alasan nya simpel: menghindari antrian mandi bakda ashar yang biasanya panjang. yang pasti, semuanya berakhir setelah bel ke masjid untuk shalat ashar berdendang.

Sore

sore itu kebanyakan santri junior nyari-nyari kakak kelas pengurus OSIM bagian bahasa buat nyetor daily vocab yang wajib dihafal dan disetor setiap hari. soalnya suka ada pengecekan mendadak siapa yang ngga nyetor vocab. vocab yang udah dihafal, ditulis di notes book saku yang wajib dibawa kemana-mana. notes ini berfungsi sebagai kamus saku karena di pesantren diwajibkan untuk menggunakan bahasa arab dan inggris. beda kan, santri sama murid sekolah lain. yang lain kemana-mana di sakunya ada gadget, ada hp, nah kalau di saku santri kemana-mana ada buku vocab. :D
yang udah selesai dengan urusan setor-menyetor, sebagian biasanya dapat kunjungan dari keluarga. kalau udah dapat kunjungan, biasanya kawan sekamarnya juga bakalan senyum-senyum liat kantong-kantong makanan yang di antar. terutama yang berasal dari luar daerah. #pengalaman ~(''~) (~'')~
ngantri makan \^o^/
di sini, jatah untuk makan malam disantap sore setelah bel makan jam 6. ini waktunya para santri ngantri panjang dengan tentengan gelas dan piring. baca doa bareng, baru deh kakak-kakak dapurnya beraksi numpahin lauk-lauk ke setiap piring. semua santri wajib makan bareng di ruang makan dengan meja-meja panjang yang kursinya saling berhadapan. baca doa setelah makan juga harus bareng, semacam paduan suara gitu.
nah, baru deh, waktunya balik ke masjid untuk solat magrib bareng.

Malam

dari magrib sampe' isya semuanya wajib di masjid. rentang waktu antara magrib-isya biasanya dihabisin buat tadarus, menghafal, atau kegiatan lain yang berhubungan dengan ibadah. renggang waktu itu juga biasanya digunakan buat ngasih pengumuman-pengumuman penting. pengumuman yang paling ditakuti itu mahkamah. waktunya para pelanggar di sidang. entah itu mahkamah keamanan, bahasa, ubudiyah, atau kebersihan. kalau udah pengumuman mahkamah itu, seisi masjid pada bungkam. entah merinding atau berusaha menjadi pendengar yang baik.

bakda isya, semuanya masuk kelas sampe' jam 10. di kelas malam, pelajaran yang diutamakan adalah pelajaran ke-dayah-an. misalnya durus lughah, english story, sharaf, tahfiz, grammar, atau yang lain nya. bel tidur dibunyikan jam 11. rentang waktu itu biasanya dihabisin buat nyiapin buku atau ngulang pelajaran. semua kegiatan ditutup dengan kegiatan baca surah al-Mulk dan doa tidur bareng di koridor asrama.

0 komentar: